Semua Tentang Biologi di Blog Ini

Gen dan DNA

GEN dan DNA


Apa itu GEN?
Gen berfungsi sebagai subunit molekul DNA, yang ada di inti dan organel sel tertentu lainnya. Setiap gen mengandung satu set tertentu dari instruksi yang biasanya digunakan untuk kode untuk protein tertentu. Sebuah molekul DNA memiliki banyak gen, dan setiap gen terdiri dari ribuan atau bahkan ratusan ribu basa kimia. Gen  (genom)  adalah  fragmen  pita  DNA  yang menjadi  faktor  pembawa  sifat  yang  dapat diturunkan.
Jumlah gen tergantung pada jumlah DNA dalam sel tertentu dan jumlah bervariasi antara organisme. Oleh karena itu, gen atau kelompok gen menentukan perbedaan antara individu dalam satu spesies serta perbedaan antara spesies.
Genom manusia terdiri dari lebih dari 20 000 gen, dan gen-gen tertentu manusia juga ditemukan pada hewan lain dan bahkan pada tanaman tertentu. Hal ini karena kehidupan di bumi telah berevolusi dari yang sederhana sampai organisme yang lebih kompleks dan banyak gen yang bertanggung jawab untuk proses metabolisme dasar tetap dipertahankan.
Komposisi gen dapat diubah oleh proses mutasi, sehingga menghasilkan gen yang lebih efektif dengan fungsi yang dapat ditingkatkan. Jika dua gen berdekatan melaksanakan fungsi yang sama, satu gen bebas untuk meniru. Ini adalah bagaimana kelompok gen tertentu berevolusi untuk mengendalikan fungsi tertentu.

DNA (deoxyribonucleic acid)  
DNA adalah asam nukleat yang berisi informasi keturunan, yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme diketahui. Kecuali beberapa virus, bahan genetik utama semua organisme lain adalah DNA. DNA manusia mengandung sekitar 3 miliar basa gen. Setiap sel manusia memiliki 46 DNA beruntai ganda.
Sebuah molekul DNA memiliki dua rantai panjang nukleotida yang melingkar ke dalam double heliks. Rantai nukleotida terdiri dari empat jenis nukleobasa disebut adenin, timin, guanin dan sitosin.
Urutan basa tersebut berbeda antar individu maupun antar spesies. Tulang punggung rantai nukleotida terbuat dari gula dan gugus fosfat bergabung dengan gugus ester. Eukariota menyimpan sebagian besar DNA mereka di dalam inti mereka, sementara prokariota menyimpan DNA mereka dalam sitoplasma.

Apa perbedaan antara gen dan DNA?
  • Gen adalah segmen tertentu dari DNA.
  • molekul DNA memiliki dua rantai panjang nukleotida gen sementara mewakili wilayah tertentu dari rantai nukleotida.
  • Dalam  genom manusia terdiri lebih dari 20.000 gen. Setiap sel manusia memiliki 46 DNA beruntai ganda. Oleh karena itu, jumlah gen yang lebih tinggi dari DNA dari satu sel.
  • Gen menentukan satu atau beberapa ciri sementara DNA menentukan banyak sifat sel.
  • DNA diatur dalam struktur yang disebut kromosom
0 Komentar untuk "Gen dan DNA"

Back To Top